• Breaking News

    All About Otomotif

    OTOMOTIF CORNER

    Saturday, June 20, 2015

    TIPS MUDIK SECARA AMAN DENGAN MOTOR

    Ramadhan telah tiba, semua umat Muslim di seluruh duni menyambutnya dengan gembira dan berbagai persiapan dalam datangnya bulan suci Ramadhan telah dilakukan.  Intinya setiap Ramadhan harus berkesan lebih baik dari tahun sebelumnya, begitu juga bagi para sobat pengguna roda dua alias sepeda motor banyak kegiatan yang dilakukan dan menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadhan, mulai dari saur on the road, touring sambil beramal dan ngabuburit (istilah di jabar) dengan berbagai atraksi atau free style yang dilakukan oleh komunitas tertentu dan tentunya bukber di suatu tempat.

    Tapi ada tradisi yang menjadi satu-satunya di dunia mungkin hanya di Indonesia, yaitu mudik dengan menggunakan roda dua yang kadang dimodifikasi biar bisa bawa keluarga dan barang dalam satu motor.  Kadang saking ingin ngirit dan cepat sampai ke kampung halaman aspek keamanan dan kenyamanan sudah tidak dipedulikan lagi oleh para pemudik "intinya mudik murah dan sampai tujuan" padahal secara tidak disadari sepeda motor itu sejak diluncurkan oleh produsen ke konsumen sudah dengan segala aturan baik dari beban atau part pendukung lainnya yang harus disesuaikan dengan kapasitas dan fungsinya. 

    Kalau para sobat melanggar itu semua dipastikan kenyamanan tidak akan didapat dan akibatnya keselamatan pengendara dan penumpang lainnya terancam, atas dasar itu dalam tulisan ini admin coba share beberapa foto kejadian dilapangan yang sering dijumpai disaat mudik lebaran tiba dan selalu diulang disetiap tahunnya meskipun korban akibat pelanggaran-pelanggaran tersebut telah banyak menyumbang angka kecelakaan di jalan raya, bahkan menjadi posisi teratas dalam hal kecelakaan yang diakibatkan sepeda motor.

    Mari kita coba ulas beberapa hal yang harus diperhatikan kalau terpaksa mudik dengan menggunakan sepeda motor :

    Kondisi Fisik dan Mental

    Fisik :
    Sebagus atau sebaru apapun motor yang kita gunakan dalam perjalanan mudik tidak akan ada artinya apabila fisik atau mental si pengendara tidak siap dalam artian dalam kondisi tidak prima, jangan memaksakan membawa kendaraan sendiri lebih baik di bonceng dan cari orang yang bisa di percara bawa motor anda. Perhatikan riwayat penyakit yang mungkin anda derita selama ini, karena mengendarai motor saat mudik berbeda dengan harian, selain jarak tempuh yang jauh dan melalui jalur yang asing bagi kita disitu diperlukan skil yang mumpuni dan lamanya kita diatas kendaraan juga sangat berpengaruh sama kondisi fisik pengendara.

    Mental :
    Mental juga sangat berperan penting dalam melakukan perjalanan mudik, tidak jarang kita menemukan di dalam perjalanan bukannya enjoy malah marah-marah sama boncengernya biasanya kalau bukan istrinya atau anaknya menjadi sasarn pelampiasan emosi, itu disebabkan ketidaksiapan terhadap apa yang akan terjadi di jalan, seperti macet, motor mogok dan kondisi fisik yang melemah jadi bawaannya emosi. Dan justru kelelahan fisik bisa timbul dari kondisi si pengendara itu sendiri dalam mengatur emosinya.

    Hadapi semua kondisi dijalanan dengan santai dan fokuskan kepada tujuan utama kita mudik, bukan cari masalah di jalan tapi untuk silaturahmi dan merayakan kemenangan di kampung halaman, coba bayangkan keceriaan sanak saudara dan keluarga tercinta disaat menemukan kejenuhan dan emosi disaat melakukan perjalanan. Usahakan tetap santai dan menikmati perjalanan, jangan memaksakan bila kondisi pikiran sudah mulai capek, karena akan berpengaruh sama konsentrasi dan fisik kita maka istrirahatlah beberapa waktu dulu untuk memulihkan kondisi tubuh dan mental kita.

    Kondisi Kendaraan :

    Persiapkan kendaraan anda sebaik dan seteliti mungkin cari bengkel yang baik kalau kita tidak bisa mendeteksi atau tidak tau kelemahan pada motor kita sendiri.  Tetap waspada karena tidak jarang karena ketidaktahuan kita ada oknum mekanik atau bengkel nakal yang malah mengerjain konsumennya, usahakan seolah-oleh kita tau permasalahan pada motor jangan menunjukkan ketidaktahuan kita, usahakan komunikasi dan agak detail bertanya terhadap mekanik yang bongkar motor kita. Lihat part apa saja yang diganti dan pastikan minta dengan yang baru serta minta bukti part yang rusak dan pastikan itu dari motor kita.

    Ban dan Sitem Pengereman

    Cek semua perangkat dari mulai kondisi ban, pengereman dan kondisi mesin itu sendiri, khusus ban jangan berspekulasi kalau kondisi sudah tidak layak seperti botak, atau sudah retak-retak semestinya langsung ganti baru jangan ambil resiko. Untuk kendaran yang memakai ban dalam sebaiknya periksa juga kondisi ban dalamnya kalau sudah lapuk atau banyak tambalan ganti saja, dan bawa cadangan kalau bisa biar tidak susah diperjalanan kalau mengalami insiden pecah ban. Dan bagi yang menggunakan ban tubles periksa kondisi ban dan sekarang sudah banyak dijual cairan anti bocor, sebaiknya buat jaga-jaga lebih baik keluar uang sedikit tapi membuat kita nyaman diperjanan.

    Untuk sistem pengereman cek dan bongkar biar tahu kondisi kampas rem depan dan belakang apabila sudah pada aus gantilah jangan membuat susah dalam perjalanan, kelihatan sepele tapi sangat fatal akibatnya apalabi ada penambahan beban bawaan itu sangat berpengaruh sama kondisi pengereman, untuk rem depan cek dari kampas, selang rem dan minyak rem jangan sampai bocor atau ada masuk angin karena minyak rem berkurang. Cek juga kondisi piringan cakramnya apakah masih tebal atau sudah aus bahkan tidak jarang bergelombang itu sangat berbahaya apabila digunakan dalam perjalanan yang cukup jauh degan waktu mengendarai sepeda motor lebih lama.

    Mesin dan Part lainnya

    Hal paling pokok dalam kendaran yaitu mesin, untuk yang satu ini kita harus bener-bener tau kondisi mesin motor kita sebelum diajak mudik dengan perjalanan jauh, periksa dan harus bener-bener dalam kondisi prima tidak ada part yang rusak atau aus sebelum kita ajak jalan. Cek ke bengkel yang benar-benar mengerti mesin atau ke bengkel resmi biar lebih percaya atau aman. Dari mulai pengapian sampai sistem pembakaran juga harus stabil karena akan berpengaruh sama konsumsi bbm dalam perjalanan nanti.

    Barang Bawaan dan Boncenger

    Barang bawaan kadang tidak pernah diperhatikan baik dari dimensi atau berat dan banyaknya yang dibawa, jangan sampai barang bawaan kita melebihi bobot yang ditentukan buat jenis sepeda motor kita.  Karena harus dihitung juga berat badan si pengendara dan barang bawaan apalagi kalau ada pihak keluarga yang di bonceng.

    Barang tidak boleh berlebihan dan menggangu handling kita dalam mengendarai sepeda motor, kalau banyak barang sebaikya kita titip di travel atau lebih dahulu dibawa dengan naik kendaraan umum baik bus atau kereta. Sepeda motor telah dirancang dan dipergunakan untuk kapasitas dua orang, jadi kalau berlebih pasti kenyamanan dan keselamatan anda dan boncenger sangat dipertaruhkan.

    Banyak ditemukan motor digunakan oleh 3 sampai 4 orang biasanya bapa, ibu dan anak-anaknya, makanya pemerintah sangat tidak menganjurkan bagi pemudik dengan roda dua dengan bawaan berlebihan dan berboncengan lebih dari 2 orang. Dahulukan istri dan anak-anak serta barang bawaan anda dengan menggunakan alat transportasi yang lebih aman jangan sampai nekad demi mengejar irit tetapi kalau lagi apes malah sangat berbahaya bagi keselematan keluarga anda.


    Apparel dan Perlengkapan lainnya :

    Helm Fullface lebih aman

    Jakat dan protector sangat membantu pengendara dalam melakukan perjalanan jarak jauh, dan memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

    Persiapan mudik dengan sepeda motor tidak hanya harus memperhatikan kelengkapan dan kesiapan motornya saja, tetapi kita juga harus memperhatikan kelengkapan guna melindungi tubuh kita dari kondisi cuaca dan kondisi lainnya kalau ada insiden dijalanan.  Pergunamakan jaket yang bisa menahan angin atau pakailah body protector biar lebih aman terutama mencegah tiupan angin yang mengarah ke dada kita. Pakai Helm yang standari SNI dan usahakan yang aman kalau bisa yang full face. Sarung tangan juga usahakan yang tidak hanya membungkus jari kita tetapi yang bisa memberikan perlindungan yang maksimal apabila terjadi gesekan akibat terjatuh. Gunakan juga alat pelindung buat sikut dan dengkul serta tulang kering anda biar lebih aman dan percaya diri dalam mengendarai motor.

    Sepatu usahakan yang menutupi sampai mata kaki, kalau bisa yang speknya buat touring itu akan lebih aman karena material dan designnya sudah disesuaikan buat perjalanan jauh. Jangan ketinggalan para sobat juga membawa tool atau perlengkapan kunci-kunci yang pokok dan sering kita perlukan muali dari obeng, tang, kunci busi dan kunci-kunci pendukung lainnya.  Kalau ada yang mengadakan perjalanan mudik di malam hari usahakan bawa senter jangan sampai kita kesulitan kalau ada masalah dalam perjalanan.

    Bagi yang  memaksanakan membawa anak kecil, harus diperhatikan posisi duduk anak senyaman mungkin dan lindungi tubuhnya jangan sampai terkena angin secara langsung dan pakaiannya juga harus diperhatikan jangan yang bikin mudah masuk angin tetapi juga jangan yang panas. Jangan memaksakan melakukan perjalanan dam durasi waktu yang melebihi 2 jam dan perhatikan cuaca baik panas atau kondisinya hujan.
    Jangan sampai ego orang tua mengorbankan sang anak.

    Istirahat bila lelah :

    Usahakan anda tau kondisi fisik dan mental apabila kondisi sudah menurun atau konsentrasi sudah mulai melemah bersistirahatlah ditempat yang nyaman dan aman biar bisa me refresh kondisi fisik kita. Usahakan lakukan gerakan-gerakan seperti senam untuk mengembalikan otot-otot yang kaku karena perjalanan yang cukup jauh apalagi kondisi jalan macet dan rusak.

    Bersih-bersih dan kalau anda musfir dan disiang hari isilah perut secukupnya dan minum air putih yang cukup untuk mengembalikan kebugaran tubuh kita, dan kalau perjalanan di malam hari usahakan kalau ngantuk untuk tidur beberapa menit dan biasanya cukup untuk menghilangkan kantuk saat melanjutkan perjalanan berikutnya. Atur gaya dan tempo berkendara anda jangan sampai seradak seruduk yang justru gaya seperti itu hanya akan membuat tubuh kita cepat lelah, buat relaks dan konstan dalam mengendarai sepeda motor.

    Mungkin itu beberapa tips yang bisa di share buat para sobat yang tahun ini berencana mudik dengan sepeda motor, dan kalau melihat beberapa hal yang harus diperhatikan serta dilengkapi sepertinya mudik kalau mau aman dengan sepeda motor tidaklah murah juga, jadi so silahkan pikir dan pertimbangkan demi kenyamanan dan keselamatan para sobat.

    Ikut Paket Mudik Gratis :

    Beberapa tahun terkahir pemerintah telah melakukan terobosan bagi pemudik yang tetap ingin membawa kendaraannya ke kampung halaman, dengan menyediakan bus untuk pengendara dan keluarganya serta motor pemudik dinaikkan ke truk dan ini cara lebih aman, bahkan beberapa perusahaan dan instansi lainnya juga banyak yang melakuka mudik gratis model ini dan terbukti lebih aman.





    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel