OTO ARENA - Kendati peluncurannya bersamaan dengan varian terbaru Honda Sonic 150R awal Agustus 2015, tetapi pihak Honda langsung memproduksi secara masal guna mendongkrak penjualan bagi New Honda CB 150R StreetFire ini. yuk kita coba kupas dari berbagai sisinya :
Desain
Mengusung tema naked bike, sangat terasa dari garis atau tarikan serba tajam itu terlihat dari bentuk lampu, shroud, hingga lampu remnya terlihat lancip menandakan kesan agresif didukung dengan sasis tubular/model teralis dengan hasil lasannya yang semakin halus, dan didukung dengan kaki-kaki yang tambah lebar menambah kokoh New Honda CB 150R StreetFire.
Fitur dan Teknologi
Panel spidometer sudah serba digital dengan background warna biru menjadikan dimata lebih adem, dengan bentuk lebih kompak ditambah model takometer bar lurus meskipun bentuknya agak kecil dan tidak bisa sekali lirik tetapi cukup nyaman di mata.
Lampu-lampu sudah mengusung model LED biar lebih irit listrik dan tahan lama, dan yang unik untuk lampu sein LED nya bila di hidupkan kedipan pertamanya cepat tetapi selanjutnya normal seperti biasa. Untuk Konci Kontak sendiri menempel diujung tangki, jika dikunci setang dan dicabut maka magnet otomatis menutup sebagai vitur pengamanan yang lebih dari New CB 150R. Untuk tutup tangki sudah mengusung model aero plane fuel cap atau model tutup rata dan apabila ditekan otomatis langsung mengunci sendiri.
Untuk kai-kaki sendiri kini semakin terlihat gagah dengan ukuran pelk yang lebih lebar dari sebelumnya dan mirip model CB650F dengan balutan ban 110/80-17 depan dan ukuran 130/70-17 untuk ukuran belakang cukup kekar dipasang di pelk 2,50 x17 dan 3,50 x 17 inci, dengan ubahan pada ukuran cakram depan menjadi 276 mm cukup memberikan kenyamanan pada sistem pengeremannya.
Pada dapur pacu mengalami perubahan baru dengan Bore x stroke mendekati dengan square 57,3 mm x 57,8 mm dengan dibantu teknologi minim gesekan seperti roller rocker arm.
Konsumsi BBM
Meskipun torsi besar sejak putaran rendah namun menurut beberapa hasil tes dilapangan konsumsi bensin New CB150R ini cukup hemat dibanding terdahulunya dengan tiap liternya bisa menempuh jarak 41,58km dibanding yang lama yang hnya mampu menempuh jarak 36,3 km/lt.
Riding Position & Handling
Kenyaman terasa saat mencoba menduduki jok yang hanya 797 mm termasuk pendek untuk ukuran pengendara orang Indonesia, ditunjang model cukup empuk dan tangki yang menyempit sehingga cukup nyaman dijepit paha. Didukung sasis teralis yang fleksibel cukup mendukung bagi pengendara yang suka memacu adrenalin karena Honda New CB150R ini didukung suspensi belakang monosok pro-link yang kaku dan dibantu shock depan model teleskopik 31 mm cukup memberikan redaman yang lincah untuk melibas jalanan kota, dan yang terpenting menurut hasil beberapa yang telah menjajalnya buat cornering dalam menikung dengan kecepatan tinggi tidak terasa ada goyangan, itu mungkin juga dengan dukungan ban baru yang lebih lebar. Kelemahannya saat berkendara sendiri di jalan yang kurang rata redaman terasa agak keras, tetapi kalau untuk boncangan terasa lebih nyaman dan empuk.
DATA SPESIFIKASI
DIMENSI | |||
Panjang X Lebar X Tinggi | 2.019 x 719 x 1.039 mm | ||
Jarak Sumbu Roda | 1.293 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 169 mm | ||
Berat kosong | 136 kg | ||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter |
||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond (truss) frame | ||
Tipe suspensi depan | Teleskopik | ||
Tipe suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal | ||
Ukuran Ban Depan | 100/80-17 52P (tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17 62P (tubeless) | ||
Rem Depan | Cakram Hidrollik | ||
Rem Belakang | Cakram Hidrollik | ||
MESIN | |||
Mesin | 4 langkah, DOHC - 4 katup | ||
Kelas | 150 cc | ||
Volume Langkah | 149,16 cc | ||
Diameter X Langkah | 57,3 x 57,8 | ||
Perbandingan Kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya Maksimum | 12,4 kW (16.9 PS) / 9.000 rpm | ||
Torsi Maksimum | 13.8 Nm (1,41 kgf.m) / 7.000 rpm | ||
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.1 | ||
Tipe Kopling | Multiplate wet clutch coil spring | ||
Tipe Transmsi | Manual, 6-Kecepatan | ||
Pola Pengoperan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Tipe Starter | Pedal & elektrik | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Battery | MF battery, 12 V - 5 Ah | ||
Busi | NGK MR9C-9N / ND U27EPR-N9 | ||
Pengapian | Full Transisterized |
No comments:
Post a Comment