• Breaking News

    All About Otomotif

    OTOMOTIF CORNER

    Saturday, May 23, 2015

    Cara Memilih Gear Motor

    CARA MEMILIH GEAR MOTOR
    Kondisi Medan Menanjak

    Gear bawaan pabrik biasanya diperuntukan buat seting jalan perkotaan yang kebanyakan datar, dan permasalahan suka timbul apbila motor diajak nanjak terutama di daerah yang medannya perbukitan atau pegunungan.  Untuk mengatasinya disarankan dilakukan pergantian atau penyesuaian gear depan atau belakangnya.

    Apabila tidak dilakukan penyesuaian dan dipaksakan dengan ukuran bawaan pabrik bakal timbul detornasi pada mesin serta mengeluarkan suara menggeretak dan kelamaan klep cepat aus karena mesin panas.  Kampas kopling juga cepat aus karena dipaksa berakselerasi terus. Dampak lain juga berakibat pada rumah kopling yang cepet goyah atau oblak.

    Bagaimana cara menyiasatinya, beberapa bengkel atau mekanik menyarankan untuk menurunkan gir depan atau menaikan satu mata gear belakang.  Contohnya di motor bebek perbandingan Gir depan dan belakangnya 14/34, jadi bisa diturunkan Gir depannya satu mata menjadi 13/34. Ada juga yang menaikkan Gir belakang satu mata menjadi 14/35 tetapi resikonya rantai jadi kurang panjang.


    Foto : Istimewa




    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel