• Breaking News

    All About Otomotif

    OTOMOTIF CORNER

    Wednesday, May 13, 2015

    Tips memilih Cakram Motor



    TIPS MEMLIH PIRINGAN CAKRAM MOTOR

    Tidak sekedar Lebar

    Demi mendukung tampilan motor dan mengikuti aliran sang modifikator biasanya piringan cakram ikut tersentuh, misalnya dengan ukuran diameter yang cukup lebar. Dengan mudahnya mendapatkan cakram diameter lebar di toko asesoris, kadang para pemilik atau modifikator tak jarang mengabaikan fungsi peranti rem itu sendiri istilahnya yang penting kelihatan keren dan oke.

    Padahal mengganti alat penghenti laju motor itu harus diperhitungkan matang-matang, karena harus memperhatikan perangkat lainnya juga seperti cakram, kampas rem, diameter dan brake lining.  Dan ubahan sistem pengereman juga harus disesuaikan dengan ubahan pada mesin motor itu sendiri, jangan sampai performa mesin ditingkatkan tapi sistem pengereman asal-asalan kan kacau jadinya dan malah membahayakan.

    BAHAN CAKRAM

    Bahan cakram yang umum digunakan adalah terbuat dari baja cor dan baja gulungan, dimana kedua bahan tersebut ada plus minusnya.  Untuk baja cor biasanya hasilnya lebih kasar dan itu bagus karena mempunyai unsur graphiti yaitu kontur yang lebih kasar dan efeknya baik untuk meredam getaran.

    Sementara bahan yang terbuat dari baja gulungan mempunyai kadar karbon yang lebih sedikit dan itu berarti unsur graphitinya rendah juga. Bahan ini kurang direkomendasi karena melalui beberapa tahap pembentukan dan berakibat terkikisnya graphitinya karena proses tadi, tetapi bahan ini cukup cepat melepas panas dibanding baja cor.

    FUNGSI LUBANG CAKRAM

    Fungsi lubang di cakram adalah untuk melepas kotoran yang ditimbulkan karena gesekan kanvas rem dan piringan itu sendiri, serta berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas.  Kita sering menjumpai beberapa orang untuk menambah lobang atau bolongan, itu syah-syah saja tetapi harus tahu aturannya dan tidak bisa sembarangan missal jangan membolongi pada garis lurus atau yang sudah ada bolongannya (ventilated disc).
    Akibat penambahan lobang kalau tidak tahu aturannya akan mengakibatkan retak atau melengkung karena kekuatannya sudah berkurang akibat penambahan lobang tadi. Dan lobang itu sendiri juga tidak boleh lebih dari 6mm.

    BEBAN DAN TENAGA

    Pembagian beban pengereman juga dihitung dari peningkatan  kemampuan mesin itu sendiri, jadi dalam pemilihan cakram harus diperhitungkan jangan asal penampilan tetapi harus tetap memperhatikan daya pengereman dan itu harga mati untuk tidak mengabaikan daya pengereman.

    Beban juga harus dihitung dalam pemasangan cakram dan itu bisa dirasakan antara kecepatan dan beban yang ditanggung motor itu sendiri, kalau beban berat hampir pasti jarak pengereman akan semakin jauh dibanding sendiri atau beban lebih ringan.

    Jenis ban yang digunakan juga berpengaruh terhadap pengereman, misal antara ban yang tebal dan tipis itu pengaruhnya beda, ban tipis akan lebih menggigit karena asumsi lebar ban sama. Tetapi tetap gaya dan hitungan tepat dalam pengereman juga berpengaruh sama lajunya motor itu sendiri, jadi mesti kita benar-benar faham atas motor itu sendiri.


    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel