TIPS MEMLIH PIRINGAN CAKRAM MOTOR
Tidak sekedar Lebar
Demi mendukung tampilan motor dan
mengikuti aliran sang modifikator biasanya piringan cakram ikut tersentuh,
misalnya dengan ukuran diameter yang cukup lebar. Dengan mudahnya mendapatkan
cakram diameter lebar di toko asesoris, kadang para pemilik atau modifikator
tak jarang mengabaikan fungsi peranti rem itu sendiri istilahnya yang penting
kelihatan keren dan oke.
Padahal mengganti alat penghenti
laju motor itu harus diperhitungkan matang-matang, karena harus memperhatikan
perangkat lainnya juga seperti cakram, kampas rem, diameter dan brake
lining. Dan ubahan sistem pengereman
juga harus disesuaikan dengan ubahan pada mesin motor itu sendiri, jangan
sampai performa mesin ditingkatkan tapi sistem pengereman asal-asalan kan kacau
jadinya dan malah membahayakan.
BAHAN CAKRAM
Bahan cakram yang umum digunakan
adalah terbuat dari baja cor dan baja gulungan, dimana kedua bahan tersebut ada
plus minusnya. Untuk baja cor biasanya
hasilnya lebih kasar dan itu bagus karena mempunyai unsur graphiti yaitu kontur
yang lebih kasar dan efeknya baik untuk meredam getaran.
Sementara bahan yang terbuat dari
baja gulungan mempunyai kadar karbon yang lebih sedikit dan itu berarti unsur
graphitinya rendah juga. Bahan ini kurang direkomendasi karena melalui beberapa
tahap pembentukan dan berakibat terkikisnya graphitinya karena proses tadi,
tetapi bahan ini cukup cepat melepas panas dibanding baja cor.
FUNGSI LUBANG CAKRAM
Fungsi lubang di cakram adalah
untuk melepas kotoran yang ditimbulkan karena gesekan kanvas rem dan piringan
itu sendiri, serta berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas. Kita sering menjumpai beberapa orang untuk
menambah lobang atau bolongan, itu syah-syah saja tetapi harus tahu aturannya
dan tidak bisa sembarangan missal jangan membolongi pada garis lurus atau yang
sudah ada bolongannya (ventilated disc).
Akibat penambahan lobang kalau
tidak tahu aturannya akan mengakibatkan retak atau melengkung karena
kekuatannya sudah berkurang akibat penambahan lobang tadi. Dan lobang itu
sendiri juga tidak boleh lebih dari 6mm.
BEBAN DAN TENAGA
Pembagian beban pengereman juga
dihitung dari peningkatan kemampuan
mesin itu sendiri, jadi dalam pemilihan cakram harus diperhitungkan jangan asal
penampilan tetapi harus tetap memperhatikan daya pengereman dan itu harga mati
untuk tidak mengabaikan daya pengereman.
Beban juga harus dihitung dalam
pemasangan cakram dan itu bisa dirasakan antara kecepatan dan beban yang
ditanggung motor itu sendiri, kalau beban berat hampir pasti jarak pengereman
akan semakin jauh dibanding sendiri atau beban lebih ringan.
Jenis ban yang digunakan juga
berpengaruh terhadap pengereman, misal antara ban yang tebal dan tipis itu
pengaruhnya beda, ban tipis akan lebih menggigit karena asumsi lebar ban sama.
Tetapi tetap gaya dan hitungan tepat dalam pengereman juga berpengaruh sama
lajunya motor itu sendiri, jadi mesti kita benar-benar faham atas motor itu
sendiri.
No comments:
Post a Comment