• Breaking News

    All About Otomotif

    OTOMOTIF CORNER

    Monday, May 4, 2015

    Kode pada Ban Luar Motor



    “CARA PASANG BAN LUAR YANG BENAR”

    Mungkin bagi sebagian banyak masyarakat memasang ban luar tidak ada pengaruh terhadap handling motor itu sendiri, kebanyakan asal posisi pas dipasang sudah urusan selesai.  Ternyata tidak demikian, pabrikan motor telah membuat penanda pada ban selain ciri buat ke ausan ban atau arah pemasangan ban itu sendiri. Produsen ban melakukan penimbangan ban baru sebelum di lepas ke pasaran dengan beban berat yang berbeda disetiap sisi ban dengan dikasih tanda merah muda buat posisi yang paling berat, sedangkan paling ringan dengan warna kuning.

    Akibat tidak sama berat pada ban luar tersebut bisa mengakibatkan tidak setabinya sepeda motor apabila diajak jalan, meskipun dampaknya tidak terlalu terasa tapi pasti ada.  Bagaimana caranya biar seimbang dan pada penanda warna apakah semestinya pentil di pasang pada posisinya. Agar bobot pada setiap sisi ban bisa lebih seimbang, maka cara memasang atau memposisikan pentil wajib pada posisi warna kuning yang menandakan area teringan pada ban luar tersebut.  Efeknya kalau dipasang pada posisi yang benar kita bisa merasakan bahwa jalannya motor bisa lebih setabil dibanding pasang ban dengan asal atau tidak sesuai anjuran pabrikan ban.

    Penanda itu hanya terdapat pada ban keluaran baru, makanya karena cat atau warna tersebut cepet pudar kita bisa kasih tambahan penguat tanda tersebut dengan cat lain yang lebih kuat untuk antisipasi apabila ada masalah dengan ban, dan bisa terpasang lagi sesuai anjuran pabrikan tersebut, selamat mencoba semoga bermanfaat tips tersebut sob…


    Tanda Kuning menunjukan posisi pentil harus sejajar...
     


    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel