• Breaking News

    All About Otomotif

    OTOMOTIF CORNER

    Saturday, May 23, 2015

    Deteksi Suara Asing di Mesin Motor

    SUARA ASING DI MESIN MOTOR

    Apabila kita tiba-tiba mendengar suara aneh atau tidak semestinya di dapur pacu anda patut dicurigai adanya beberapa part yang sudah aus atau rusak.  Kita tidak perlu terburu-buru membeli part yang belum tentu rusak karena menebak-nebak. Yu kita coba dengarkan dengan panca indera kita lewat suara yang ditimbulkan.

    Apabila terdengar suara logam yang bergesekan atau bersentuhan di blok silinder kemungkinan besar akibat adanya kerusakan pada stang sehernya, coba grip gas nya ditarik dan biarkan putaran mesin konstan, dan coba kita dengarkan jika masih ada bisa dipastikan stang seher rusak. Atau dicoba dengan menjalankan kendaraan dan cari jalan yang menanjak, karena dengan keadaan naik beban semakin berat dan biasanya bunyi akan semakin besar juga, sama seperti kerusakan yang terjadi pada pin piston.

    Bedanya kalau mesin mau dimatikan stang seher biasanya masih mengeluarkan bunyi beda dengan pin piston yang tidak mengeluarkan bunyi sebelum mesin dimatikan.  Suara yang ditimbulkan pin piston apabila rusak lebih keras daripada stang seher yang biasanya lebih rendah suaranya dibanding pin yang rusak.

    Pada motor yang menggunakan tuas kopling bisa di cek juga bisa juga kopling sudah aus karet atau sil nya yang mengakibatkan oblak dan mengeluarkan bunyi, coba di tes dengan menarik tuas kopling apabila suara hilang itu berararti komponen itu rusak, pasalnya apabila tuas ditarik gerak rumah kopling tidak ada beban dan disitu tidak menimbulkan bunyi. Nah coba deh dengar dan kira-kira bisa dapat gambaran sebelum pergi ke bengkel atau membeli part biar tidak bolong kantongnya gara-gara salah prediksi kerusakan.


    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel